Jumat, 16 Juli 2010

Lansekap

Kesalahan pertama yang sering terjadi dalam membuat sebuah taman adalah tidak memiliki rencana. Anda hanya tahu apa yang Anda sukai dan apa yang cocok dalam gaya hidup Anda.

Bahkan dengan sketsa sederhana saja dapat menyelamatkan Anda dari kesalahan mahal yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Rencana tersebut juga akan mempermudah pekerjaan Anda untuk melakukan pekerjaan dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat memiliki gambaran Rencana Anggaran biaya dari taman Anda.

Buatlah daftar apa yang Anda inginkan dan yang tidak Anda perlukan dalam membuat taman. Usahakan Anda membuat sketsa desain taman yang diinginkan . Dengan cara ini Anda akan tahu apa yang harus dihilangkan atau ditunda pelaksanaannya, dengan cara seperti ini Anda menjadi tahu budget yang harus disediakan .

Mengukur dengan skala yang tepat dalam membuat sketsa akan membantu menghitung secara kasar jumlah kebutuhan material. Jangan pernah melupakan menarik/menggambar garis drainase dan utilitas ,karena hal yang kita anggap sepele akan menjadi masalah besar dikemudian hari.

Buatlah sketsa rencana drainase dan utilitas. Ini mungkin bukan pekerjaan yang paling menyenangkan, tetapi mereka penting. Anda harus berpikir tentang bagaimana arah air hujan akan disalurkan keluar dari taman Anda. Apabila anda tidak menghiraukan pekerjaan utilitas ini,maka dikemudian hari mau tidak mau Anda harus menggali taman yang indah.

Sketsa semua dasar wilayah dan menarik arah matahari yang melewati posis rumah Anda. Hal ini penting sekali karena akan membantu dalam peletakan vegetasi agar sesuai dengan habitat yang dibutuhkan oleh tanaman. Gunakan warna yang berbeda dan bentuk sederhana untuk mewakili desain Anda.

Akhirnya anda dapat masuk ke dalam rencana Anda dan lay out apa yang ingin Anda tanami dan di mana mereka akan terlihat lebih menarik. Anda juga dapat menambahkan dekorasi seperti taman air mancur, tempat duduk dan sejenisnya.
Perlu diingat. Semua manufaktur dan perubahan desain adalah panduan yang akan membantu Anda untuk mengontrol pembuatan lanskap keseluruhan dan pastikan Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Setelah Anda punya rencana, Anda dapat melakukan pekerjaan sendiri dari waktu ke waktu, dan biasakan untuk mengetahui segala sesuatu atau mengontrol pekerjaan secara langsung sebab keharmonisan taman Anda hanya didapat dari ketepatan antara perencanaan dan pelaksanaan dilapangan.

Jika Anda merasa tidak mampu untuk merancang, Anda dapat menyewa desainer untuk melakukan semua yang ingin Anda sesuai keinginan Anda. Pastikan Anda menggunakan desainer yang meluangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan apa yang Anda inginkan. Selamat mencoba……!!!

2 komentar:

  1. ehm... kayanya saya kenal sama gambarnya.... :)

    BalasHapus
  2. Namanya juga katalog...hehehe ,trima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus