Jumat, 02 Juli 2010

Home Theater

Home theater saat ini bukan lagi sesuatu yang mahal yang dapat dinikmati oleh orang-orang kaya saja,Andapun bisa mewujudkan impian itu dengan menyesuaikan anggaran yang Anda miliki.

Biaya untuk pembuatan akustik home theater bervariasi, bisa di mulai dari anggaran minimal 5 - 10 juta untuk ruangan 3x4 dan dapat di up-grade secara bertahap.

Adapun hal yang membuat home theater saling berbeda satu dengan yang lainnya tidak hanya dipengaruhi oleh kelengkapan bagian-bagiannya, tapi juga tampilan dari home theater itu sendiri.

Proses mendekorasi home theater tergantung pada kondisi ruangan, seberapa baik ruangan dan pencahayaan diruangan tersebut dapat berfungsi sebagai pusat hiburan bagi keluarga dan teman-teman anda. Berapapun budget anda, menciptakan theater yang nyaman dan tidak membosankan sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa ide/gagasan untuk menciptakan “theater yang mampu membuat anda bersenang-senang”.

Langkah awal pengecatan pada dinding ruangan dan plafon/langit-langit diruangan tersebut. pilihlah warna cat sesuaikan dengan warna kesukaan anda. Tetapi sebaiknya menggunakan warna cat yang agak gelap, misalnya grey, light grey, merah marun, dsb. Anda juga dapat berimajinasi dengan berbagai desain dan warna wallpaper,

Untuk lantai, pilihlah karpet permadani (ambal) yang berwarna sedikit gelap. Hal ini berguna untuk menyamarkan kotoran pada lantai ruangan anda. Untuk penataan cahaya, pilih recessed lighting (frame lampu yang ditanam pada langit-langit ruangan) atau downlight ,gunakan bola lampu dengan bentuk yang sederhana, untuk jenis atau type bola lampu bisa digunakan jenis incandescent bulbs atau biasa dikenal sebagai lampu pijar. Tambahkan dimmer control/dimmer switch untuk menciptakan dan mengatur efek dramatis dari cahaya agar lebih realistis.

Jika budget anda masih memungkinkan, anda dapat mempertimbangkan untuk membuat tempat duduk (seat) dua tingkat seperti susunan seat yang ada distadion (biasanya tempat duduk dibagian belakang dibuat lebih tinggi) agar setiap orang yang berada didalam home theatre tersebut memiliki sudut pandang yang bagus.

Jika ruangan anda tidak terlalu luas atau anda menghendaki terdapat suatu area didalam ruangan yang lebih intim, anda dapat membeli 2 reclainer seat berwarna gelap.

Silahkan cek dan bandingkan harga atau diskon yang diberikan oleh tiap-tiap toko agar anda bisa lebih berhemat. Beludru yang tebal berwarna merah dapat digunakan sebagai bingkai disekitar layar televisi anda, atau untuk meredam cahaya dari celah jendela, atau sebagai pengganti cat pelapis dinding.

Jika bahan beludru yang anda beli berlebih, gunakan kelebihan atau sisa dari beludru merah tersebut untuk menciptakan alur permadani dimulai dari pintu masuk home theater sampai dengan area tempat duduk (seating area).

Agar lebih mudah, anda dapat membeli atau membuat lemari/rak penyimpanan, entertainment system untuk menampung peralatan audio visual, atau koleksi dvd anda. Keserasian warna dinding dan komponen didalam ruangan akan membuat semua hal didalam ruangan tersebut tampak menyatu.

Jika proyektor dengan layar berukuran besar tidak memungkinkan untuk anda beli, maka televisi standar berukuran besar dengan kualitas suara surround juga lumayan bagus untuk digunakan. Tambahkan tuner, perangkat audio (amplifier, dsb), dan konfigurasi speaker untuk kualitas suara yang lebih maksimal.

Home theater dibuat untuk bersenang-senang, tempat bersantai dan beristirahat bagi anggota keluarga, tempat untuk menghabiskan waktu bersama-sama sambil menikmati hiburan. Proses mendekorasi ruangan tersebut harusnya didasarkan pada kenyamanan, sehingga nantinya anda dapat menikmati film-film kesukaan anda atau acara-acara disana, dihome theater anda, ditempat peristirahatan yang paling nyaman, didalam rumah anda.


1 komentar:

  1. Wen,tolong kasih komentarnye ye...disini jak...maklum masih tes drive...

    BalasHapus